
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VIII SMPN 8 Tarakan Tahun Ajaran 2016/2017
Pengarang : Putri Pujiastuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Sistem Ekskresi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siswa kelas VIII-1 SMPN 8 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMPN 8 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 8 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem ekskresi pada siswa kelas VIII-1 SMPN 8 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 77% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 80% pada siklus II meningkat menjadi 97%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 64% pada siklus II meningkat menjadi 87%. Maka diktakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
The objective of this study is to improve students’ learning achievement of IPA especially for Excretion System material by implementing problem based learning model at the VIII-1 class in SMPN 8 Tarakan The research design of study is classroom action research (CAR) that is done in SMPN 8 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are student of VIII-1 class in SMPN 8 Tarakan which consist of 17 male and 13 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycel consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument wich are teachers’ observation sheet, cognitive assessment, affective assessment and psychomotor assessment. The result of this research show that by implementing problem based learning model can improve students’ learning achievement of IPA especially for Excretion System material at the VIII-1 class in SMPN 8 Tarakan. It can be seen by the students’ learning achievement in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 77%, and having an improvement in cycles II, that is 93%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 80%, and having an improvment in cycle II, that is 97%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 64%, and having an improvement in cycles II, that is 87%. Therefore, it can be concluded that the research is succsess and achieve the indicator of success.