
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 031 TARAKAN
Pengarang : Vila Delvia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media interaktif yang layak serta menarik bagi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator yang ditinjau dari validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan angket respon siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (research and development). Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, design, development, implemention, dan evaluation. Subjek penelitian ialah siswa kelas V-a pada tahun ajaran 2023-2024 SDN 031 Tarakan dengan jumlah siswa 26 orang. Hasil kelayakan dari validasi para ahli yaitu 1) validator media validasi media diperoleh persentase sebesar 83% dimana nilai tersebut dikategorikan sebagai kategori baik, 2) validator bahasa memperoleh persentase sebesar 75% dimana nilai tersebut dikategorikan sebagai kategori baik. 3) validator materi memperoleh persentase sebesar 78% dimana nilai tersebut dikategorikan sebagai kategori baik. Demikian hasil tersebut telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan. Adapun angket respon siswa diperoleh 1) uji kelompok kecil yaitu 90% dengan keterangan sangat tertarik, 2) uji kelompok besar yaitu 90% dengan keterangan sangat tertarik, dengan nilai rata-rata 90% dikategorikan sangat tertarik. Maka dari itu instrumen tes yang dikembangkan valid. Dari media pembelajaran interaktif yang di ciptakan menghasilkan media yang layak dan menarik bagi siswa untuk digunakan didalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi fakta dan opini; Kata Kunci : Pengembangan; Media Pembelajaran; Smart Apps Creator
The purpose of the research was to produce interactive media that is feasible and interesting for students in Indonesian language learning using the Smart Apps Creator Application with a focus on media validation, language validation, material validation, and student response questionnaires. This research used research and development procedures. The ADDIE model consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects were students in class V-a at the 2023-2024 academic year of SDN 031 Tarakan, with a total of 26 students. The results of the experts' validation concerning the feasibility are 1) media validator, media validation obtained a percentage of 83% where the value is categorized as a good category, 2) language validator, language validation obtained a percentage of 75% where the value is categorized as a good category. 3) material validator, material validation obtained a percentage of 78% where the value is categorized as a good category. The results obtained have met the requirements and are suitable for intended use. The results of the student response questionnaire obtained from the small group test and the large group test indicated that 90% of respondents found the test to be very interesting. The average value across both tests was 90%, which is categorized as very interesting The interactive learning media produced is a feasible and interesting learning media for students to use in learning Indonesian language on fact and opinion material: keywords: Development, Learning Media, Smart Apps Creator