Pengembangan Media Pembelajaran Sains Biologi Berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 Untuk Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Sains Biologi Berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 Untuk Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia

Pengembangan Media Pembelajaran Sains Biologi Berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 Untuk Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia

Pengarang : Yunita Anggraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media interaktif berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 dalam komputer pada materi sistem pencernaan makanan manusia yang dikembangkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang dirancang dalam menghasilkan Multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Model Luther. Model pengembangan Luther yaitu memiliki 6 tahapan yakni Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material collecting (pengumpulan bahan), Assembly (pembuatan), Testing (pengujian), Distribution (pendistribusian). Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke lima yaitu sampai pada tahap Testing (pengujian), karena peneliti masih berada pada jenjang pendidikan starata satu dan produk ini tidak untuk didistribusikan (disebarluaskan) sehingga tidak sampai pada tahap pendistribusian. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi produk dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan uji validasi yang dilakukan pada masing- masing validator yaitu pada ahli materi diperoleh rata-rata skor 78,04% dengan kriteria layak, ahli media diperoleh rata-rata skor yaitu 73,46% dengan kriteria layak, dan praktisi diperoleh rata-rata skor yaitu 77,94% dengan kriteria layak. Hasil validasi yang diperoleh dari ketiga ahli menunjukan bahwa skor rata-rata validator adalah 76,48%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 yang dikembangkan masuk dalam kategori layak digunakan dalam media bantu mengajar.

This study aims to determine the feasibility of interactive media based on Adobe Flash Professional CC 2015 in computer on human digestive system material that is developed so feasible to be used in biology learning for high school class XI. This type of research is Reseach and Development (R & D). Research and development procedures designed to produce interactive Multimedia learning using Luther Model. Luther's development model has 6 stages: Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, Distribution . This research is only up to the fifth stage that is until the stage of Testing (testing), because researchers are still at the level of education starata one and this product is not to be distributed (disseminated) so as not to the distribution stage. Instrument used is product validation sheet and documentation. The results of this study based on the validation test conducted on each validator is the material expert obtained average score of 78.04% with the criteria worthy, the media expert obtained an average score of 73.46% with decent criteria, and practitioners obtained flat the score is 77.94% with eligible criteria. Validation results obtained from the three experts showed that the average score of the validator is 76.48%, so it can be concluded that the interactive media based on Adobe Flash Professional CC 2015 developed into the category worthy of use in teaching aids media.

Detail Informasi