PENGARUH IKLAN PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERPINDAH MEREK PRODUK MIE INSTAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBT) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH IKLAN PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERPINDAH MEREK PRODUK MIE INSTAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBT)

PENGARUH IKLAN PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERPINDAH MEREK PRODUK MIE INSTAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBT)

Pengarang : Elia Jones - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan produk, kebutuhan mencari variasi dan harga terhadap keputusan berpindah merek produk mie instan (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan). Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan nonprobability sampling, namun secara teknik penetapan sampel menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan yang pernah melakukan pembelian produk
mie instan dengan jumlah sampel sebanyak 280 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji t dengan bantuan program SPSS V26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel iklan produk, kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berpindah merek, dan harga tidak berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan berpindah merek.

Kata kunci: Iklan Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Harga, dan
Berpindah Merek.

This study investigates the influence of product advertising, the need for variety seeking, and price on switching brands of instant noodle products, specifically among Economics Faculty students at Universitas Borneo Tarakan (UBT). This study employs a quantitative approach using a survey method. The sampling method for this study is non-probability sampling, specifically purposive sampling for sample selection. The sample comprises 280 students from the Economics Faculty at Universitas Borneo Tarakan who have previously purchased instant noodle products. The analytical method used in this research is multiple regression analysis, performed using SPSS V26 software. The results of this study indicate that the variables of product advertising and the need for variety seeking have a positive and significant effect on the decision to switch brands. However, price does not positively and significantly affect brand switching decisions. Keywords: Product Advertising, Need for Variety Seeking Price, Brand Switching

Detail Informasi