
PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS HURRASUL AQIDAH KOTA TARAKAN
Pengarang : Annisa Aulia Rahma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTS Hurrasul Aqidah Kota Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII MTs Hurrasul Aqidah Kota Tarakan dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh atau seluruh anggota populasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas dan analisis statistik inferensial yang meliputi analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data diperoleh bahwa 930,496-0,634X, artinya setiap kenaikan satu nilai kecemasan matematika maka akan menyebabkan penurunan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,634. Sehingga, semakin besar nilai tingkat kecemasan matematika maka semakin kecil nilai tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswanya, begitupun sebaliknya. Hal ini menunjukkan pengaruh yang negatif atau pengaruh yang berbanding terbalik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecemasan maternatika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Hurrasul Aqidah Kota Tarakan. Besaran persentase pengaruhnya adalah sebesar 34%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini.
Kata kunci: kecemasan matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika
This study aims to examine the influence of math anxiety on the mathematical problem-solving ability of eighth-grade students at MTs Hurrasul Aqidah, Tarakan City. This research employed a quantitative approach with a survey method. The population consists of all eighth-grade students at MTs Hurrasul Aqidah. The sample was determined by a saturated sampling technique, meaning the entire population was used as the sample. Data analysis included descriptive statistical analysis, such as normality and linearity tests, and inferential statistical analysis using simple linear regression. The results of the data analysis showed the regression equation Y = 30.496 -0.634X, which means that for every one-point increase in math anxiety, the mathematical problem-solving ability decreases by 0.634 points. Thus, higher levels of math anxiety are associated with lower levels of mathematical problem-solving ability, and vice versa. It indicates a negative or inversely proportional relationship. Based on the analysis, it can be concluded that math anxiety significantly affects the mathematical problem-solving ability of eighth-grade students at MTs Hurrasul Aqidah, Tarakan City. The magnitude of this influence is 34%, while the remaining 66% is influenced by other variables not examined in this study. Keywords: math anxiety, mathematical problem-solving ability