Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning  Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri Tarakan

Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri Tarakan

Pengarang : SII Ayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa mengenai modul yang dikembangkan dengan karakteristik modul berbasis Problem Based Learning menyajikan berbagai artikel berorientasi masalah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Pribadi, 2011). Teknik pengumpulan data menggunakan angka penilaian untuk ahli media, ahli materi, guru IPA dan siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian modul berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase 83,12% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat layak, praktisi guru IPA memperoleh persentase 84.66% dengan kategori layak dan hasil angket respon siswa terhadap modul yang dikembangkan memperoleh persentase 89.18% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli media, ahli materi, praktisi guru IPA dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

This study aims to determine the feasibility and response of students regarding modules developed with module-based characteristics Problem Based Learning presents various problem-oriented articles. This research is development research using ADDIE model consist of five stages, that is Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (Pribadi, 2011). Data collection techniques use scoring figures for media experts, materials experts, science teachers and students. Data of research result is analyzed descriptively qualitative and quantitative descriptive. The results of module studies based on media expert judgment obtained a percentage of 83.12% with very decent category, material experts earn 88% percentage with very decent category, practitioners of science teachers get the percentage of 84.66% with decent category, and result of questionnaire of student response to developed module get percentage 89.18% with very interesting category. Based on the results of assessment from media experts, material experts, science teachers and students, it can be concluded that the module developed has met the criteria of good quality of teaching materials and suitable for use in learning.

Detail Informasi