Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk IPhone Di Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk IPhone Di Universitas Borneo Tarakan

Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk IPhone Di Universitas Borneo Tarakan

Pengarang : Maya Novita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada produk iPhone di Universitas Borneo Tarakan. Populasi yang digunakan dari penelitian ini merupakan konsumen pengguna Smartphone iPhone. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei instrument pernyataan dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan nilai Skala Likert 1 sampai 5. Metode pengukuran menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 280 responden. Metode Analisa yang digunakan adalah teknik Struktural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Squares (PLS) versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci : Kesadaran Merek, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas

This study examines the effect of brand awareness and image on customer satisfaction and loyalty toward iPhone products at Universitas Borneo Tarakan. The population of this study consist of iPhone smartphone users. The research employs a quantitive method with a survey instrument using a Likert scale ranging from 1 to 5. The sampling technique used is purposive sampling, with the sample selected based on specific criteria. A total of 280 respondens were involved in the study. The data were analyzed using Sructural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Squares (PLS) version 4. The result indicate that brand awareness positifvely and significantaly affect customers satisfaction and loyalty. The brand image also positifvely and significantaly affects customer satisfaction and loyalty. Furthemor, customer satisfaction positively affcets customer loyalty. Keywords: Brand Awareness, Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty.

Detail Informasi