
Pengembangan Alat Peraga IPA Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 8 Tarakan
Pengarang : Rohmat Budi Santoso - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa maupun guru disekolah. Penerapan media alat peraga IPA diharapkan mampu memaksimalkan pemanfaatan nya dalam kegiatan belajar mengajar disekolah dan menciptakan siswa yang kreatif, inovatif, dan memotivasi terhadap guru agar lebih profesional dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). menggunakan 5 orang validator ahli, yaitu; ahli materi, ahli media dan 3 ahli praktisi guru IPA. uji coba lapangan dilakukan disekolah SMPN 8 Tarakan, uji coba lapangan awal menggunakan siswa kelas VIII-4 sebanyak 9 orang dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas VIII-6 sebanyak 23 orang. Hasil validasi ahli materi sebesar 75% dengan kategori baik, ahli media sebesar 82,5 % dengan kategori sangat baik, rata-rata hasil validasi praktisi guru IPA 1, 2, dan 3 sebesar 82,22 % dengan kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa uji coba lapangan awal sebesar 81,48 % dengan kategori sangat baik, dan hasil angket respon siswa uji coba lapangan utama sebesar 84,28 % dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan tervalidasi sangat baik dan layak digunakan.
The objective of this research was to improve the quality of learning media that suiteble used by students and teacher in the school. The application of media visual device IPA is eexpected to maximized utilization in teaching and learning process in the class and create the students to be creative, innovative, and motivate the teacher to be more professional in using learning media. This research was conducted of research and development (R&D) by using ADDIE method (analysis, design, development and implementation, evaluating), use 5 validators, they are : material expert, media expert, and 3 science practitioners. The field experiment was conducted in SMPN 8 Tarakan. The subject of the experiment was the student of VIII-4 consist of 9 students and the subject of the first experiment was the student of VIII-6 consist of 23 students. The result of material expert validation was 75% with good category, the result of media expert validation was 82,5% with very good category. The average of validation result of science teachers practitioner 1, 2, and 3 were 82,22% with very good category. The result questionnare of early experiment was 81,48% with very good category and the result questionnare of first experiment was 84, 28% with very good category. So, it can be conducted that the developed visual device was well validated and able to used.