Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VIII Semester II | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VIII Semester II

Analisis Kesalahan Penyajian Konsep Dan Prinsip Serta Ilustrasi Materi Dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VIII Semester II

Pengarang : Puspa Mega Candra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan kesesuaian materi biologi buku teks pelajaran IPA Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester II berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta menemukan kesalahan penyajian konsep, prinsip dan ilustrasi pada materi biologi dalam buku teks IPA Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester II terbitan Kemendikbud dan EG. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah materi biologi pada buku teks IPA terbitan Kemendikbud dan EG. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, rata-rata presentase kesesuaian KI dan KD pada buku teks IPA terbitan Kemendikbud adalah 90% (Sangat Baik) dan kesesuaian KI dan KD pada buku teks IPA terbitan EG adalah 71,43% (Baik). Rata-rata presentase kesesuaian komponen buku teks IPA terbitan Kemendikbud adalah 91,66% (Baik) dan pada buku teks IPA terbitan EG adalah 84,49% (Baik). Pada buku teks IPA terbitan Kemendikbud ditemukan 11 kesalahan konsep, 1 kesalahan prinsip dan 5 kesalahan ilustrasi. Pada buku teks IPA terbitan EG ditemukan sebanyak 5 kesalahan konsep dan tidak ditemukan kesalahan prinsip serta ilustrasi. Pada buku teks IPA terbitan Kemendikbud ditemukan kesalahan redaksi. Buku teks layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kesalahan pada buku teks dapat diperbaiki sesuai saran perbaikan.

The purpose of the research is for comparing the materials from the science textbook for eight grades in second semester according to core competence and basic competence and find the inaccurate of concept, principles and illustration from books published by Kemendikbud and EG. The method of research is qualitative. The sample of this is biology topic published by Kemendikbud and EG. The sample is selected using purposive sampling. Based on the results of the analysis, the average percentage of KI and KD suitability in science textbook published by Kemendikbud is about 90% (Very good) and the average percentage of KI and KD suitability in science textbook published by EG is about 71,43% (Good). The average percentage of suitability of science textbook components published by Kemendikbud is about 91,66% (Good) and science textbook components published by EG is about 84,49% (Good). There are one inaccurate concept, 10 inaccurate principles, and five inaccurate illustration presented in science textbook published by Kemendikbud. There is only one inaccurate concept and none of principle and illustration are presented inaccurately in science textbook published by EG. There are also some editorial eror found in science textbook published by Kemendikbud. We can use this book in learning activities. The inaccuracy of science textbook can be improved based on suggestions.

Detail Informasi