
Pengembangan Modul Biologi Dengan Permainan Edukatif Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Rina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul biologi dengan permainan edukatif yang dikembangkan untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket penilaian. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase 63,63% dengan kategori layak, ahli media memperoleh persentase 78% dengan kategori layak, praktisi guru biologi memperoleh persentase 82% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil angket respon siswa terhadap modul yang dikembangkan memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, praktisi guru biologi dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimal layak sebagai bahan ajar.
This study aims to determined the characteristics and feasibility of biological module with educational games for tenth grade at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. This research was development used ADDIE model that consists of five stages, which are Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data are collected using questionnaire. Study result are than analyzed descriptively qualitative and quantitative. The results shows that the material assessment obtains percentage of 63.63% which is in a decent category, assessment from reaches media experts a percentage of 78% which is in a decent category, assessment from biology teacher reaches a percentage of 82% which is categorized as very feasible. While the students' response reaches a percentage of 85% which is categorized as very feasible. Based on the results it can be concluded that the module meets the minimum criteria as teaching materials.