Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 1 Sembakung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 1 Sembakung

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 1 Sembakung

Pengarang : Rahmi Agus Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Permainan Monopoli terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sembakung. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Sembakung Tahun Ajaran 2016/2017, dan sampel yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Sembakung.

The purpose in this study to find out the influenced of cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) with a media monopoly games through the result of Biology study of SMP Negeri 1 Sembakung. The design of this study was quasi experimental. The population were whole VII grade of SMP Negeri 1 Sembakung Periods of 2016/2017, and took the sample of VII-A grade as a experimental class. Then, VII-B grade as a control class. This sample used Saturated Sampling technique and the collecting the data used documentation, test and observation sheet. The analysis data used SPSS 22.0 software for windows. Based on the result of the analysis, the research conclude that there were influence with cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) with a media monopoly games through the result of Biology study of SMP Negeri 1 Sembakung.

Detail Informasi