PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN, BELANJA MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN NUNUKAN 2014-2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN, BELANJA MODAL DAN 
TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL 
BRUTO KABUPATEN NUNUKAN 2014-2023

PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN, BELANJA MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN NUNUKAN 2014-2023

Pengarang : Iswandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh infrastruktur jalan,
belanja modal, dan tenaga kerja terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)
di Kabupaten Nunukan selama periode 2014-2023. Metode yang di gunakan adalah
kuantitatif dengan jenis data sekunder yang diperoleh dari badan pusat statistik
(BPS) Kabupaten Nunukan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear
berganda dengan bantuan program SPSS 26. hasil penelitian menunjukkan bahwa
infrastruktur jalan dan tenaga kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap PDRB, dengan koefisien masing-masing 0,225 (p-value 0,001) untuk
infrastruktur jalan dan 0,415 (p-value 0,002) untuk tenaga kerja. Sebaliknya,
belanja modal ternyata tidak berpengaruh terhadap PDRB, dengan koefisien -0,065
(p-value 0,006). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa model regresi yang
digunakan sangat baik untuk menjelaskan variasi PDRB, dengan nilai F-statistic
140,634 (Prob(F-statistic) 0,000). Temuan ini menunjukan pentingnya
pengembangan infrastruktur dan kualitas tenaga kerja dalam mendorong
pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, kebijakan pembangunan daerah
sebaiknya berfokus pada peningkatan infrastruktur jalan serta peningkatan kualitas
tenaga kerja melalui pendidikan dan pelatihan.
Kata Kunci: Infrastruktur Jalan, Belanja Modal, Tenaga Kerja, PDRB,
Kabupaten Nunukan.

This study aims to analyze the effect of road infrastructure, capital expenditure, and labor on Gross Regional Domestic Product (GRDP) in Nunukan Regency during the 2014-2023 period. The method used was quantitative with secondary data obtained from the Central Statistics Agency (BPS) of Nunukan Regency. The analysis technique used was multiple linear regression with the help of the SPSS 26 program. The results showed that road infrastructure and labor had a positive and significant influence on GRDP, with coefficients of 0.225 (p-value 0.001) for road infrastructure and 0.415 (p-value 0.002) for labor, respectively. On the contrary, capital expenditure had no effect on GRDP, with a coefficient of -0.065 (p-value 0.006). The simultaneous test results revealed that the regression model used was very good at explaining variations in GRDP, with an F-statistic value of 140.634 (Prob(F-statistic) 0.000). These findings indicate the importance of infrastructure development and labor quality in driving regional economic growth. Therefore, regional development policies should focus on improving road infrastructure and improving the quality of labor through education and training. Keywords: Road Infrastructure, Capital Expenditure, Labor, GRDP, Nunukan Regency.

Detail Informasi