
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Vivi Dewita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling dengan pendekatan Placementest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-6 dan VII-7. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for windows dengan teknik analisis data menggunakan uji independent sampel test. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil aspek pengetahuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan audio visual terhadap hasil belajar aspek pengetahuan biologi kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Independent Samples Test diperoleh t hitung sebesar 8,601 dengan taraf signifikansi 0,248 dan df= 58 sehingga H0 ditolak sedangkan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan audio visual terhadap hasil belajar aspek keterampilan biologi kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Independent Samples Test diperoleh t hitung sebesar 5,530 dengan taraf signifikansi 0,387 dan df=58 sehingga H0 ditolak sedangkan Ha diterima. 3) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan audio visual terhadap hasil belajar aspek sosial biologi kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Independent Samples Test diperoleh t hitung sebesar 0,673 dengan taraf signifikansi 0,603 dan df=58 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
This research aims to determine the Effect of Cooperative Learning Model Type Course Review Horay by Audio Visual Assisted on Learning Results Biology Class VII SMP Negeri 8 Tarakan. Type of this research used quasi experiment with Nonequivalent Control Group Design. The population in this research is all class VII SMP Negeri 3 Tarakan. This research also used purposive sampling with Placementest approach. The sample in this research is class VII-6 and VII-7. Data collection is done by using observation, test and documentation. Data analysis techniques using SPSS 22.0 for windows software with data analysis techniques by using independent test sample test. Based on the results of the analysis, it can be concluded that: 1) There is influence of cooperative learning model type course review horay by audio visual aid to the results of biology class VII SMP Negeri 8 Tarakan. 2) There is a difference in the results of the knowledge aspect by using model cooperative learning type course review horay by audio visual review on the learning outcomes of biology aspect of class VII of SMP Negeri 8 Tarakan. It can be proven from the results of Independent Samples Test test obtained tcount of 8.601 with significance level of 0.248 and df = 58 so that H0 is rejected while Ha accepted. 3) There is influence of cooperative learning model type course review horay by audio visual assisted on the learning outcomes aspects of biology skill class VII SMP Negeri 8 Tarakan. It can be proven from the test results Independent Samples Test obtained t count of 5.530 with significance level of 0.387 and df = 58 so that H0 rejected while Ha accepted.4) There is no effect of cooperative learning model type review course horay audio visual assisted on the results of learning social aspects of biology Class VII of SMP Negeri 8 Tarakan. It can be proved from the results of the Independent Samples Test obtained t count of 0.673 with a significance level of 0.603 and df = 58 so Ha is accepted and H0 rejected.