
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF DAN KATA DALAM MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS) PADA SISWA KELAS II A SD NEGERI 032 TANJUNG BATU TARAKAN
Pengarang : Nur Akira Sakira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf dan kata dalam membaca permulaan melalui metode Struktural Analitik dan Sintetik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 032 Tanjung Batu Tarakan. Adapun subjek penelitian ini yang terdiri dari 30 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan siswa perempuan sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Struktural Analitik dan Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf dan kata dalam membaca permulaan siswa kelas II A SDN 032 Tanjung Batu Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 70% siswa yang tuntas atau masuk dalam level pembaca berkembang dan mandiri dari jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif siswa diperoleh data sebesar 57% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik siswa diperoleh data sebesar 50% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 80% siswa yang tuntas atau masuk dalam level pembaca mandiri, pada aspek afektif siswa diperoleh data sebesar 83% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik siswa diperoleh data sebesar 87% siswa yang tuntas. Hasil penilaian tes kemampuan membaca permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga peneliti menghentikan siklus dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Metode Struktural Analitik dan Sintetik (SAS), Kemampuan Membaca Permulaan
This study aims to enhance early reading skills using the Structural Analytic and Synthetic (SAS) method. The research employs a Classroom Action Research (CAR) approach, conducted at SDN 032 Tanjung Batu Tarakan with 30 second-grade students (15 male and 15 female). The study was implemented in two cycles, following the four-stage procedure: planning, action, observation, and reflection. The findings indicate that the SAS method significantly improved students' early reading abilities. In Cycle 1, 70% of students were proficient and classified as emerging and independent readers. Additionally, 57% of students met the affective domain criteria, and 50% met the psychomotor domain criteria. In Cycle II, student performance showed further improvement, with 80% reaching the independent reader level, while 83% and 87% met the affective and psychomotor criteria, respectively. Given that the research had met the success indicators, the intervention was concluded after the second cycle. These findings suggest that the SAS method is a practical pedagogical approach for developing early reading skills in young learners. The study provides empirical evidence supporting the integration of SAS in primary school literacy instruction. Keywords: Structural Analytic and Synthetic (SAS) Method, Early Reading Skills, Literacy Development, Classroom Action Research