
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Dan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas VII MTs Negeri Tarakan Dengan Tipe Pembelajaran Tim Belajar Individual Bernomor Berbasis Lesson Study
Pengarang : Rezqi Palang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan hasil belajar kognitif IPA siswa dan kompetensi pedagogik guru kelas VII MTs Negeri Tarakan dengan tipe Tim Belajar Individual Bernomor berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study dan dirancang sebanyak 3 siklus mulai Mei?Juni 2017dengan melibatkan 1 guru model dan 3 observer. Data hasil belajar kognitif IPA siswa diperoleh dari pretest-post test dan kompetensi pedagogik guru diperoleh dari lembar observasi penilaian kompetensi pedagogik guru. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif antara siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan dari rerata nilai 47 dengan ketuntasan belajar klasikal 12.12% pada siklus I menjadi 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 75.76%, dan pada siklus III rerata nilai 74 dengan ketuntasan belajar klasikal 81.82%; kompetensi pedagogik guru juga mengalami peningkatan persentase dari siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu 56.76% pada siklus I menjadi 71,01% pada siklus II, dan 87,92% pada siklus III. Manfaat yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas berbasis lesson study, yaitu guru dapat mengetahui tentang hal-hal yang menjadi penyebab kurang maksimalnya proses pembelajaran dan mengetahui cara penyelesaian masalah secara kolaborasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kompetensi pedagogik guru.
This study aims to find out how the process of improving students' cognitive learning outcomes and pedagogic competence of teachers grade VII MTs Negeri Tarakan with type of Individual Learning Team Numbered based on Lesson Study. This research uses Classroom Action Research method which collaborated with Lesson Study and designed 3 cycles from May to June 2017 involving 1 model teacher and 3 observer. Data of students' cognitive learning outcomes obtained from pretest-post test and teacher pedagogic competence were obtained from the teacher pedagogic competence assessment observation sheet. Data were analyzed using descriptive analysis between cycle I, cycle II, and cycle III. The results showed an increase of cognitive learning outcomes of science students of grade VII MTs Negeri Tarakan from the average score 47 with the completeness of 12.12% classical learning in the first cycle to 70 with classical learning completeness 75.76%, and on the third cycle average 74 grades with completeness of learning klasikal 81.82%. Teacher pedagogic competence also increased percentage of cycle I, cycle II, and cycle III, that is 56.76% in cycle I to 71,01% in cycle II, and 87,92% in cycle III. Benefits derived from classroom action research based on lesson study, that teachers can know about things that cause less of maximal of learning process and know how to solve problem collaboration in improving student learning result and teacher pedagogic competence.