
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Bertanya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Jumarni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Bertanya merupakan salah satu keterampilan penting dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan aktif, serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan mahasiswa dalam bertanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2021, 2022, dan 2023 di Universitas Borneo Tarakan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase respon jawaban mahasiswa untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan bertanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kemauan bertanya mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi yaitu faktor internal yang memiliki rata-rata sebesar 70,91% termasuk dalam kategori tinggi, aspek tertinggi yang mempengaruhi adalah penguasaan mahasiswa terhadap materi pelajaran yaitu sebesar 82,42% dan aspek terendah adalah kesehatan mahasiswa sebesar 65,49%. Faktor eksternal memiliki rata-rata sebesar 68,15% termasuk dalam kategori tinggi, aspek tertinggi yang mempengaruhi adalah suasana kelas yang mendukung pembelajaran sebesar 82,27% dan aspek terendah adalah hubungan mahasiswa dengan dosen sebesar 54,33%.
Kata kunci: kemauan bertanya, faktor internal, faktor eksternal
Questioning is one of the important skills in the learning process that can improve students' understanding, active involvement, and critical thinking skills. The objective of this study was to determine the factors that influence students' willingness to ask questions. The method used in this research was the descriptive quantitative method. The research instrument used was a questionnaire given to students of the Biology Education Study Program batch 2021, 2022, and 2023 at Borneo University Tarakan. The data analysis technique was carried out descriptively and quantitatively by calculating the percentage of student responses to identify factors that influence the willingness to ask. The results showed that the factors that influence the willingness to ask students of the Biology Education Department, such as internal factors, which averaged 70.91%, were included in the high category; the highest aspect that influenced was students' mastery of the subject matter, which amounted to 82.42%, and the lowest aspect was student health at 65.49%. External factors averaged 68.15%, including in the high category. The highest aspect that influenced the classroom atmosphere was the support of learning, at 82.27%, and the lowest aspect was the relationship between students and lecturers, at 54.33%. Keywords: willingness to ask, internal factors, external factors