Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Animate CC 2015 Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas VIII SMP Di Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Animate CC 2015 Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas VIII SMP Di Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Animate CC 2015 Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas VIII SMP Di Tarakan

Pengarang : Mikhael Anthonius Rupang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan menganalisis kelayakan media interaktif IPA berbasis Adobe Animate CC 2015 pada materi perkembangan manusia untuk kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Media pembelajaran IPA berbasis Adobe Animate CC 2015 yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Luther. Model Luther memiliki enam tahap, namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ke lima yaitu testing. Media yang dikembangkan divalidasi oleh empat validator yaitu dua ahli media, satu ahli materi dan satu ahli praktisi (guru biologi). Uji coba lapangan dilakukan di sekolah SMP Frater Don Bosco Tarakan pada kelas VIII sebanyak 23 siswa. Hasil validasi mendapatkan nilai presentase 81,7% dengan kriteria layak. Ahli media mendapatkan nilai persentase 79,6% dengan kriteria layak, ahli materi mendapatkan peresentase 70% dengan kriteria cukup layak, ahli praktisi (respon guru) mendapatkan presentase 100 % dengan kriteria sangat layak dan uji coba lapangan utama respon siswa mendapatkan nilai persentase 90% dengan kriteria sangat layak.

This research aims to know the characteristic and analyze appropriateness the science interactive media based Adobe Animate CC 2015 on the lesson about human growth for VIII grade at SMP Frater Don Bosco Tarakan. The science interactive based Adobe Animate CC 2015 developed use Luther development model. Luther model has six step, but in this research limited until the fifth step, that is testing. This media developed and validated by five validator that are two media experts, one material expert and one practitioners (biology teacher) the field trial did at SMP Frater Don Bosco Tarakan on the VIII grade with total 23 students. The validation result got the percentage 81,7% with the criteria is worthy, media expert got the result 79,6% with the criteria is worthy, materials expert got the percentage 70% with the criteria is quite worthy. Practitioner expert (teacher response) got the percentage 100% with the criteria is very worthy and the students first field trials got the percentage 90% with the criteria very worthy.

Detail Informasi