
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Siswa Kelas VII SMPN 10 Tarakan
Pengarang : Indah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran IPA dengan Setting Guided Inquiry pada materi Organisasi Kehidupan berdasarkan aspek Kelayakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan merupakan adaptasi tahap-tahap pengembangan Four-D, yaitu design, define, develop, dan desseiminate. Namun tahap dessminate tidak dilakukan karena dalam penelitian ini hanya melakukan uji coba satu kali sedangkan untuk tahap penyebaran dilakukan uji coba berulang-ulang. Instrumen yang digunakan berupa silabus, lembar kerja siswa (LKS), rencana pelaksanaan perangkat (RPP), dan angket Respon siswa. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran dengan Setting guided Inquiry pada materi organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII SMP yang berupa Silabus, RPP dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kelayakan silabus diperoleh nilai persentase 82% dengan kriteria sangat layak, RPP dengan persentase 83% dengan kriteria sangat layak, LKS dengan persentase kelayakan 79 dengan kategori layak.
This study aims to determine the quality of learning device IPA with quided inquiry setting on the material organization of life based on the aspect of feasibility. The research is a research development (Research and Development). The development procedure undertaken is an adaptation of the Four-D development phases, ie design, define, develop, and dessminate. But the dessminate stage is not done because in this study only conducted a one time trial while for the stage of dessminate conducted repeated trials. Instruments syilabus, student worksheets (LKS) plan implementation of the device (RPP), and student response questionnaire. The results of this study in the form of learning devices with guided inquiry setting on organizational life material for student of class VII SMP in the from of syilabus, RPP and LKS. The results showed that the quality of products produced based on the syilabus feasibility aspect obtained 82% percentage value with very reasonable criteria, RPP with percentage of 83% with very reasonable criteria, LKS with 79% eligibility percentage with decent category.