Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Kelas XI IPA SMA 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Kelas  XI IPA SMA 3 Tarakan

Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Kelas XI IPA SMA 3 Tarakan

Pengarang : Nuraini Riskayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA SMA tepatnya SMA 3 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) desain Formative Evaluation. Subjek penelitian adalah kelas XI untuk uji lapangan, yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4. Analisis instrumen tes menggunakan uji validitas, reabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan pengecoh. Hasil penelitian terdapat 25 soal pilihan ganda yang dikembangkan pada draf awal. Langkah awal dalam draf awal divalidasi oleh tim ahli. Hasil validasi ahli evaluasi sebesar 81% dalam kategori sangat layak, ahli materi menghasilkan validasi 80% dalam kategori sangat layak, praktisi guru 99% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan masukan dari Tim Ahli bahasa tulis yang terdapat pada soal wajib direvisi sebelum digunakan sebagai alat ukur kemampuan siswa atau uji lapangan. Hasil uji coba small group yaitu berupa respon siswa sebesar 84% sangat setuju dan komentar yang sudah baik. Berdasarkan hasil uji coba small group, instrumen diperbaiki dan disusun kembali menjadi draf III. Draf III diujikan pada responden dalam uji lapangan yang berjumlah 65 siswa. Hasil analisis program SPSS 22 menunjukkan 20 butir pertanyaan dalam kategori valid, reabilitas yaitu r11 = 0,766, rtabel = 0,244, dalam kategori reliabel. Hasil analisis program AnatesV4 menunjukkan hasil 36% soal memiliki daya pembeda yang baik, tingkat kesukaran dengan 40% soal dalam kategori sukar, 44% soal dalam kategori sedang, dan 16% soal dalam kategori mudah dan pengecoh menghasilkan 76% pengecoh berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil analisis uji lapangan ini disusun produk akhir instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains.

The purpose of this study cognitive assessment instrument based science process skills of qualified and is for use as an evaluation tool in the Material of Circulation System Class XI IPA 3 SMA SMA precisely Tarakan. The methods of this research used Research and Development (R & D) design Formative Evaluation. The subject of this research is students of class XI for field testing, the class XI and XI IPA 2 IPA 4. Analysis instruments test used validity, reliability, power difference, level of difficulty and detractors. The results of this study there were 25 questions developed multiple choice. The initial step in the initial draft validated by a team of experts. The validation an evaluation of 81% in the category of very feasible, subject matter experts to produce a validation of 80% with the category of very decent, practitioners teacher 99% with the category of very decent. Based on input from a team of linguists write which is the matter shall be revised before it is used as a measure of student ability or field test. The trial results of a small group of students in the form of a response by 84% strongly agree and the comments that have been good. Based on trial results of a small group, the instrument repaired and reassembled into the third draft. Draft III was tested on respondents in field tests totaling 65 students. The results of the analysis of SPSS 22 showed 20 grain valid questions in categories, namely reliability r11 = 0.766, rtabel = 0,244, in reliable category. The results of AnatesV4 program analysis showed the result of 36% about having distinguishing good, level of difficulty with 40% in the category of difficult problems, 44% of matter in the medium category, and 16% of questions in categories easily and produces 76% humbug function properly. Based on the results of this field test analysis compiled the final product-based cognitive assessment instrument science process skills.

Detail Informasi