
Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Remaja Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Di SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Jein Perina Pundu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Pubertas (Puberty) Ialah Masa Awal Terjadinya Pematangan Seksual. Remaja Yang Mendapat Informasi Yang Benar Tentang Pubertas Maka Mereka Akan Mampu Menerima Setiap Perubahan Yang Dialami Dengan Positif. Sebaliknya Remaja Yang Kurang Pengetahuannya Tentang Pubertas Akan Merasa Cemas Dengan Perubahan Yang Dialami Dan Cenderung Bersikap Negatif. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Remaja Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Di SMP Negeri 9 Tarakan.
Desain Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Survey Analitik Dengan Rancangan Pendekatan Cross Sectional. Besar Sampel Dalam Penelitian Ini Yaitu Sebanyak 45 Responden Dari 255 Populasi, Dengan Pengambilan Sampel Secara Accidental Sampling. Instrumen Dalam Penelitian Ini Berupa Kuesioner Yang Meliputi 10 Pertanyaan Pengetahuan Dan 10 Pertanyaan Tentang Sikap.
Hasil Analisis Statistik Hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Yaitu 0.005 Yang Berarti P < 0.05. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Ada Hubungan Yang Bermakna Antara Pengetahuan Terhadap Sikap Remaja Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas.
Dari Penelitian Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Mempengaruhi Sikap Siswa Dalam Menghadapi Perubahan Fisik. Semakin Tinggi Tingkat Pengetahuan Siswa, Akan Semakin Positif Sikap Dalam Menghadapi Perubahan Fisik. Sebaliknya, Semakin Rendah Tingkat Pengetahuannya Maka Sikapnya Cenderung Negatif.
Kata Kunci: Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas, Remaja, Sikap, Tingkat Pengetahuan
Tidak Tersedia Deskripsi