Pengaruh Teknik Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Membolos Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Membolos Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Teknik Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Membolos Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Taufikkurachman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perilaku membolos merupakan tindakan melanggar norma sosial yang ditandai dengan ketidakhadiran siswa di sekolah tanpa izin yang jelas selama jam pelajaran. Hal ini dapat berujung pada kegagalan akademik, seperti tinggal kelas, nilai di bawah KKM, atau bahkan dipindahkan ke sekolah lain dengan konsekuensi yang lebih berat. Motivasi belajar yang rendah dan pengaruh teman sebaya merupakan dua faktor utama yang mendorong siswa untuk membolos. Upaya yang dapat dilakukan dalam meminimalkan permasalahan tersebut yaitu menerapkan layanan konseling kelompok dengan teknik rational-emotive behavior therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik rational-emotive behavior therapy terhadap perilaku membolos siswa di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain pre-experimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel berjumlah 10 siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang perilaku membolos. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian dengan teknik rational-emotive behavior therapy menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penurunan perilaku membolos pada siswa. Hasil penelitian ini ditandai dengan pemahaman siswa tentang konsekuensi membolos berkembang; mereka menyadari bahwa membolos menghilangkan kesempatan belajar, mempengaruhi prestasi, dan merusak reputasi di mata guru, teman, serta orang tua. Hal ini berdampak pada hubungan sosial dan prospek masa depan mereka. Perubahan pemikiran ini didorong oleh peningkatan kesadaran diri, pengalaman belajar, dan perkembangan kognitif. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik rational-emotive behavior therapy terhadap perilaku membolos siswa.

Kata Kunci: Perilaku Membolos, Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT)

Truancy is an act of violating social norms characterized by students' absence from school without clear permission during class hours. This can lead to academic failure, such as grade retention, grades below the Minimum Completeness Criteria (KKM), or even being transferred to another school with more severe consequences. Low learning motivation and peer influence are the two main factors that encourage students to miss class. The efforts that can be made in minimizing these problems are applying group counseling services with rational-emotive behavior therapy techniques. This study aims to determine the effect of rational-emotive behavior therapy techniques on students' truancy behavior at SMP Negeri 5 Tarakan. This type of research was quantitative, using a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The type of sampling in this study used purposive sampling technique, with a sample of 10 students in class IX. The data collection technique in this study used an instrument in the form of a Likert scale about truancy behavior. Data analysis employed descriptive and inferential statistics using paired sample t-test. The research with rational-emotive behavior therapy techniques showed a significant effect on reducing truant behavior in students. The results of this study were characterized by students' growing understanding of the consequences of truancy, they realized that truancy takes away learning opportunities, affects achievement, and damages reputation in the eyes of teachers, friends, and parents. This also had an impact on their social relationships and future prospects. This change in thinking was driven by increased self-awareness, learning experiences, and cognitive development. Thus, it can be concluded that there is an effect of group counseling services with rational-emotive behavior therapy techniques on students' truancy behavior. Keywords: Truancy Behavior, Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT)

Detail Informasi