Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas V-D SDN 050 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas V-D SDN 050 Tarakan

Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas V-D SDN 050 Tarakan

Pengarang : Anggi Bekti Nugroho - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis sikap toleransi siswa kelas V-D SDN 050 Tarakan dan faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap toleransi siswa di lingkungan sekolah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di kelas V-D SDN 050 Tarakan. Informan pada penelitian ini adalah wali kelas dan siswa kelas V-D SDN 050 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V-D SDN 050 Tarakan dapat melaksanakan sikap toleransi agama dan toleransi sosial. (1) toleransi agama teraktualisasi pada sikap tidak mengganggu siswa yang memiliki perbedaan agama dalam melaksanakan ibadah keagamaan serta dapat berteman secara harmonis dan berkomunikasi dengan sopan meskipun terdapat adanya perbedaan agama, (2) toleransi sosial terimplementasi dalam sikap menghargai adanya perbedaan pendapat yang dimiliki oleh siswa lain serta dapat berteman dan bekerjasama dengan siswa yang memiliki perbedaan suku. Adapun faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap toleransi siswa kelas V-D SDN 050 Tarakan yaitu budaya sekolah dan peran guru. Budaya sekolah di SDN 050 Tarakan yang berkorelasi dengan terciptanya siswa yang memiliki sikap toleransi ialah budaya 4S (senyum,sapa,salam,santun), dengan budaya 4S siswa akan terbiasa untuk menerima dan menghormati individu lain. Wali kelas telah melaksanakan perannya selaku guru dalam menciptakan siswa yang memiliki sikap toleransi, yang teraktualisasi dengan memberikan edukasi dan motivasi tentang melaksanakan sikap toleransi serta mampu menjadi contoh yang baik dalam bersikap toleransi

Kata Kunci: Sikap Toleransi Siswa Kelas V-D SDN 050 Tarakan

This study focused on analyzing the tolerance attitudes of fifth-grade students in Class V-D at SDN 050 Tarakan and the factors influencing the formation of these attitudes within the school environment. A descriptive qualitative research method was employed, with the study conducted in Class V-D at SDN 050 Tarakan. The participants included the homeroom teacher and the studentsof Class V-D. Data collection techniques involved interviews, observations, and document analysis. Data were analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings indicated that students in Class V-D at SDN 050 Tarakan demonstrate religious and social tolerance. (1) Religious tolerance is reflected in their behavior of not disturbing peers with different religious beliefs during religious practices. They also maintain harmonious friendships and communicate respectfully despite religious differences.(2) Social tolerance is exhibited through their respect for differing opinions and ability to form friendships and collaborate with peers from diverse ethnic backgrounds. Several factors influence the development of tolerance attitudes among Class V-D students at SDN 050 Tarakan, including school culture and the role of teachers. The school culture at SDN 050 Tarakan, particularly the "4S" culture (Smile, Greet, Salute, Politeness), plays a significant role in fostering tolerance among students. This culture encourages students to accept and respect others. Additionally, the homeroom teacher effectively fulfills their role by educating and motivating students to practice tolerance and setting a positive example of tolerant behavior. Keywords: Tolerance Attitudes, Fifth-Grade Students, SDN 050 Tarakan

Detail Informasi