
Hubungan Antara Persepsi Terhadap Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Malinau Utara
Pengarang : Dayang Sherly - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel dalam penelitian. Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malinau Utara, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah regresi sederhana dengan bantuan software SPSS 21 For Windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model pembelajaran STAD berada pada kategori sedang yaitu sebesar (81,27). Hubungan antara persepsi terhadap model pembelajaran STAD dengan motivasi belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malinau Utara. Persamaan regresi menunjukkan Y = 9,951 + 0,026 X hasil analisis pengujian koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel persepsi terhadap model pembelajaran STAD memberikan konstribusi sebesar 0,01% terhadap motivasi belajar Biologi Siswa.
The purpose of this study was to determine the relationship between variables in the study. This type of research is correlational studies. The population in the study were all students of grade VIII SMP Negeri 1 Malinau Utara. The sample of this research is taken by using saturated sampling techniques. Data collection techniques in this study using a questionnaire. Data analysis techniques used to analyze data research results is a simple regression with the help of software spss 21 for windows. Result of descriptive analysis from research indicate that student perception toward STAD learning sytle is in medium category that is equal to (81,27). The relationship between perceptions of the learning style STAD with the motivation to learn biology of students of class VIII SMP Negeri 1 Malinau Utara. Regression equation show Y = 9,951 + 0,026X result of analysis of coefficient of determination indicate that variable of perception to STAD learning style give contribution 0,01% to motivation learn biology student.