
DESKRIPSI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA SISWA KELAS IV-A SDN 035 TARAKAN
Pengarang : Andry - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman adalah proses pembelajaran dalam memahami isi teks, melalui kegiatan membaca kita perlu memahami maksud pesan serta makna yang ada pada bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan membaca pemahaman melalui asesmen diagnostik pada siswa kelas IV-A SDN 035 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca pemahaman yang kemudian dilakukan proses wawancara untuk mengetahui minat membaca siswa. Sebanyak 25 siswa kelas IV-A menjadi partisipan dalam penelitian dan mengikuti tes yang diberikan, yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan literasi membaca tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu peneliti memilih 3 siswa yang mewakili setiap kategori kemampuan membaca pemahaman untuk diwawancarai mengenai minat membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan seluruh soal dan memenuhi ketiga kompetensi literasi membaca, meskipun mengalami kesulitan dalam menghubungkan informasi kompleks serta kedalaman evaluasi. Subjek dengan kemampuan sedang dapat menyelesaikan tujuh soal dan memenuhi dua kompetensi literasi membaca, namun mengalami kesulitan dalam menemukan informasi pada soal tertentu serta kurang mampu mengevaluasi dan merefleksi informasi. Sementara itu, subjek dengan kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan enam soal dengan dua kompetensi literasi membaca, tetapi mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi informasi serta memahami dan menilai isi teks secara kritis. Hasil wawancara menunjukkan bahwa tingkat minat membaca berbanding lurus dengan kategori kemampuan membaca pemahaman masing-masing subjek.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Asesmen Diagnostik, Literasi Membaca, Minat Membaca
Reading comprehension is a learning process in understanding the content of the text through reading activities. It involves recognizing the structure and the meaning of the words in the text. This study aimed to describe the results of the diagnostic assessment of the reading comprehension ability of grade IV-A students at SDN 035 Tarakan. This study used qualitative research. Data collection was carried out through a reading comprehension test, which was then followed by an interview process to find out students’ reading interests. A total of 25 students in class IV-A participated in this research and took the test, which was then grouped based on their reading comprehension ability by categorizing them into high, moderate, and low ability levels. After that, the researchers selected students to be interviewed regarding their interest in reading. The results showed that subjects with high ability were able to solve all questions and meet all three reading literacy competencies, although they had difficulties in connecting the complex information and the depth of evaluation. Subjects with moderate ability could complete several questions and meet two reading literacy competencies, but they faced difficulties in understanding and critically assessing the text. Meanwhile, subjects with low ability were only able to solve a few questions, find the information in certain questions, and were less able to evaluate the content of the text. The results of the interview showed that the level of interest in reading was directly proportional to the category of reading comprehension ability of each subject. Keywords: Reading Comprehension, Skills, Diagnostic Assessment, Reading Literacy, Reading Interest.