Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan

Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Candra Lesmana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan; (2) mengetahui kualitas Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi; (3) Mengetahui respon guru IPA dan siswa terhadap Ensiklopedia Peralatan Laboratorium IPA sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Siswa SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap implementation. Instrument penelitian berupa lembar angket check list dengan menggunakan skala likert. Jenis data berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudia ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengatahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk ensiklopedia peralatan laboratorium IPA dapat dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMP Negeri 2 Tarakan; (2) ensiklopedia yang dikembangkan mendapatkan nilai dari ahli materi dengan presentase sebesar 74.4% (layak); ahli media sebesar 92.72% (sangat layak); ahli praktisi sebesar 83.82% (sangat layak); (3) respon guru IPA memperoleh nilai dengan presentase sebesar 85.33% (sangat baik); respon siswa sebesar 96.47% (sangat setuju). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia peralatan laboratorium IPA yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak sehingga baik digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMP Negeri 2 Tarakan.

This research is aimed to (1) develop a science laboratory equipment encyclopedia as a self learning source for students at SMP Negeri 2 Tarakan; (2) find out the quality of the laboratory equipment encyclopedia as a self learning source for student at SMP Negeri 2 Tarakan based on the science expert evaluation, media expert, and practitioners expert; (3) find out science teachers respons on the laboratory equipment encyclopedia development for learning source at SMP Negeri 2 Tarakan. This is research and development (R&D) study using ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. This research was conducted until Implementation stage. Instrument that was used in this research consisted of check list questionnaire sheet using likert scale. Data in this research was qualitative data then modified to quantitative. The data then tabulated and analyzed into qualitative and quantitative to find out the product quality. The result showed that: (1) Encyclopedia of science laboratory equipment can be developed using ADDIE model and used as self learning source for students at SMP Negeri 2 Tarakan; (2) Encyclopedia that was developed then evaluated by science expert with percentage 74.4% (proper); media expert is 92.72% (very proper); practitioners expert is 83.82% (very proper); (3) responses from science teachers reach percentage 85.33% which is very good; student respon reach 96.47% which is very agree. Therefore it can be concluded that science laboratory equipment encyclopedia reach very proper category, so can used self learnin source fo students at SMP Negeri 2 Tarakan.

Detail Informasi