
Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Di Kelas X MIA 1 MAN Tarakan
Pengarang : Erni Widhayati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada kelas X MIA 1 MAN Tarakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada kelas X MIA 1 MAN Tarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA 1 MAN Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dunia hewan/Animalia bagi siswa kelas X MIA 1 Madrasyah Aliyah Negeri Tarakan. Hasil belajar siswa pada siklus I skor presentase sebesar 64% dan mengalami peningkatan pada siklus ke II menjadi 87%. Pada Penelitian ini hasil belajar peserta didik secara klasikal meningkat dari siklus I sampai siklus II dan mencapai indikator keberhasilan yang di targetkan oleh peneliti yaitu 85% dan dikatakan tuntas belajarnya secara klasikal.
The study aims to Improving biology learning outcomes in class X MIA 1 MAN Tarakan through cooperative learning model type Number Head Together (NHT) in class X MIA 1 MAN Tarakan. This type of research is Classroom Action Research. The population in this study is all students of class X MIA 1 MAN Tarakan. Data collection is done by tests, observation sheets and documentation. Research shows that, cooperative learning model type Number Head Together (NHT) can improve student learning outcomes in animal world for students of class X MIA 1 MAN Tarakan. Student learning outcomes in cycle I percentage score of 64% and increased in the second cycle to be 87%. In this research, the study of students classically increased from cycle I to cycle II and achieve the indicator of success in the target by the researcher is 85% and said to complete the classical learning.