Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Palas

Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Palas

Pengarang : Asmini Supriyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar biologi siswa. 2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar biologi. 3) Interaksi antara strategi Active Knowledge Sharing dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah selurruh kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Palas. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, lembar observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan dilanjutkan dengan statistik inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. Dapat disimpulkan bahwa :1) Strategi Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan. 2) Minat siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi Active Knowledge Sharing dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan.

The research is aimed to find out: 1) The effect of Active Knowledge Sharing on student achievement of biology of first graders at SMA Negeri 1 Tanjung Palas. 2) The effect of student’s interest on learning achievement of biology. 3) The interaction between Active Knowledge Sharing and student’s learning interest on the result of Biological study. This is Quasi Experimental research with a 2x2 factorial design. The population in the research is tenth graders at SMA Negeri1 Tanjung Palas. The sample is selected based on purposive sampling. The sample in this research is tenth graders at MIA 1 which is the Experimental group and of tenth graders at MIA 2 which is the control group. The data is colleted using self-assesment sheet, observation sheet, and documention. Data were analyzed using descriptive statistic and to inferential statistical analysis using varian two paths. It can be concluded that :1) Active Knowledge Sharing strategy influences the results of study on knowledge aspect. 2) Student interest influences learning results on knowledge aspect. 3) There is no instruction between the Active Knowlegde Sharing strategy and learning interest on the results of students learning on knowledge aspect.

Detail Informasi