
Pengembangan Media Pembelajaran Flip Book IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Ahmad Riyadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Flip Book IPA pada materi sistem pencernaan makanan yang sesuai dengan karakteristik siswa SMP dan menghasilkan produk media pembelajaran Flip Book IPA pada materi sistem pencernaan makanan yang tervalidasi layak dan layak pakai. Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ke lima model Borg & Gall (1983), menggunakan 2 orang validator ahli, yaitu; ahli materi, ahli media.uji coba lapangan dilakukan disekolah SMP Negeri 9 Tarakan, uji coba lapangan melibatkan 1 guru dan 29 orang siswa kelas VIII. Produk media pembelajaran Flip Book IPA memiliki karakteristik sebagai berikut; media berformat exe dengan besar file 69,2 Mb (megabyte), media menggunakan materi sistem pencernaan makanan,.media terdiri dari sampul depan/cover, petunjuk penggunaan, riwayat peneliti, KI, KD, materi, video, latihan soal dan sampul belakang. Materi media disajikan menjadi tiga bagian (chapter). Hasil analisis diperoleh skor rata-rata validasi ahli materi sebesar 4.4 “Sangat Baik” (layak) , Validasi ahli media sebesar 4.9 “Sangat Baik” (layak). respon guru sebesar 3.9 “Baik” (layak). respon siswa sebesar 4.35 “Sangat Baik” (layak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flip Book IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan.
The research aims to produce Flip Book IPA learning media product on food digestion system in accordance with the characteristics of junior high school students and produce Flip Book IPA learning media on validated and feasible food digestion system material. This study is limited to the fifth stage of Borg & Gall (1983) model, using two expert validators, namely; Material experts, media experts. Field trials are conducted at SMP Negeri 9 Tarakan, field trials involving 1 teacher and 29 students of grade VIII. Learning media products Flip Book IPA has the following characteristics; Media format exe with big file 69,2 Mb (megabyte), media use material digestive system food,. Media consist of cover cover, usage instruction, history of researcher, KI, KD, material, video, practice matter and back cover. Media material is presented into three parts (chapter). The analysis results obtained the average score of expert material validation of 4.4 "Very Good" (feasible), Expert media validation of 4.9 "Very Good" (feasible). Teacher response of 3.9 "Good" (feasible). Student response of 4.35 "Very Good" (feasible). So it can beconcluded that the learning media Flip Book IPA developed eligible to use.