Uji Performa Kendaraan Listrik Konversi Pada Kondisi Daerah Kota Tarakan Dengan Metode Eksperimen | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Uji Performa Kendaraan Listrik Konversi Pada Kondisi Daerah Kota Tarakan Dengan Metode Eksperimen

Uji Performa Kendaraan Listrik Konversi Pada Kondisi Daerah Kota Tarakan Dengan Metode Eksperimen

Pengarang : Randy Subakti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji performa kendaraan listrik konversi (Beatrix) dalam berbagai kondisi lingkungan di Kota Tarakan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dilakukan secara langsung di lapangan yakni di sekitar Kecamatan Tarakan Timur mencakup berbagai kondisi jalan, termasuk tanjakan, turunan, dan jalan datar dengan variasi jarak tempuh (10 km, 20 km, dan 30 km) serta kondisi cuaca berbeda yaitu cuaca panas, hujan, dan malam hari. Parameter yang diukur mencakup temperatur komponen utama Beatrix, seperti baterai, ECU, dan motor listrik, serta konsumsi daya baterai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jarak tempuh listrik dan kondisi lingkungan mempengaruhi kinerja kendaraan listrik konversi. Pada kondisi cuaca panas dengan temperatur sebesar 31°C, terjadi peningkatan temperatur tertinggi pada Motor Listrik BLDC sebesar 14,47°C, ECU sebesar 10,57°C, dan Baterai sebesar 5°C. Sementara itu, pada kondisi hujan dan malam hari dengan temperatur 28°C, peningkatan temperatur lebih terkendali, dengan rata-rata kenaikan temperatur Motor Listrik BLDC di bawah 10°C dan ECU serta Baterai di bawah 5°C. Konsumsi daya tertinggi terjadi pada kondisi cuaca panas dengan nilai 26,13 Wh pada jarak 20 km, sebelum mengalami penurunan menjadi 16,83 Wh pada jarak 30 km. Sebaliknya, pada kondisi hujan, konsumsi daya menurun dari 11,01 Wh pada jarak 10 km menjadi 4,66 Wh pada jarak 30 km. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan di Kota Tarakan berpengaruh terhadap performa kenaikan temperatur kendaraan listrik konversi.

Kata Kunci: Kendaraan Listrik Konversi, Konsumsi Daya, Kota Tarakan, Performa, Temperatur.

This study aims to evaluate the performance of a converted electric vehicle (Beatrix) under various environmental conditions in Tarakan City using an experimental method with a quantitative approach. Field tests were conducted in East Tarakan District, covering different road conditions, including uphill, downhill, and flat roads, with varying travel distances (10 km, 20 km, and 30 km), and different weather conditions, namely hot, rainy, and nighttime scenarios. The measured parameters included the temperature of Beatrix main components, such as the battery, ECU, and electric motor, as well as battery power consumption. The results revealed that variations in travel distance and environmental conditions significantly affected the performance of the converted electric vehicle. Under hot weather conditions with a temperature of 31°C the highest temperature increases were observed in the BLDC Electric Motor (14.47°C), ECU (10.57°C) and Battery (5°C) In contrast, during rainy and nighttime conditions at 28°C temperature increases were more controlled, with the BLDC Electric Motor showing an average rise of less than 10°C and the ECU and Battery rising by less than 5°C The highest power consumption was recorded under hot weather at 26.13 Wh for 20 km, before decreasing to 16.83 Wh for a 30 km distance. Conversely, during rainy conditions, power consumption decreased from 11.01 Wh at 10 km to 4.66 Wh at 30 km. Therefore, it can be concluded that environmental conditions in Tarakan City significantly influence the temperature performance of the converted electric vehicle. Keywords: Converted Elctric Vehicle, Power Consumption, Tarakan City, Performance, Temperature.

Detail Informasi