
Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Dian Meirzha Alifah Anugrah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjalin antara dua individu atau lebih yang didalamnya terjadi hubungan yang jelas. Komunikasi umumnya terjadi secara tatap muka dimana salah satu individu menjadi komunikator yakni pemberi pesan kepada komunikan atau penerima pesan dan terjadi umpan balik dalam bentuk tanggapan tanggapan atas pesan yang disampaikan. Dalam rangka memenuhi capaian keberhasilan dalam pendidikan maka diperlukan kemampuan komunikasi interpersonal ini. Teknik sosiodrama menjadi salah satu upaya untuk mengatasi hambatan komunikasi interpersonal dengan membantu siswa agar mampu memahami dan mengantisipasi permasalahan sosial yang timbul dari hubungan antar manusia melalui teknik bermain peran. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design, dengan populasi sebanyak 296 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling sebanyak 13 siswa. Teknik analisi hasil uji hipotesis dengan paired sample t-test yang diperolah Ha diterima dan Ho ditolak dikarenakan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai hitung 14.721 > 2.064 sehingga ada pengaruh teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Sosiodrama
The research goal was to examine the application of the sociodrama technique in enhancing interpersonal communication among eighth-grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. Interpersonal communication involves interactions between two or more individuals, characterized by a clear relational connection. It typically occurs through face-to-face communication, where one individual acts as the communicator or message sender and the other as the recipient, resulting in feedback in response to the conveyed message. Developing interpersonal communication skills is essential for achieving educational success. The sociodrama technique was employed to overcome barriers in interpersonal communication by helping students understand and anticipate social issues arising from human interactions through role-playing activities. This research employed a quantitative approach with an experimental method using a one-group pre-test-post-test design. The study population was 296 students, with a sample of 13 students selected through random sampling. Data analysis for hypothesis testing was conducted using the paired sample t-test. The results revealed that the alternative hypothesis (Ha) was accepted, and the null hypothesis (Ho) was rejected, as the significance value was 0.000 < 0.05 and the t-value was 14.721 > 2.064. Therefore, it can be concluded that the sociodrama technique significantly influences the improvement of interpersonal communication among eighth-grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Interpersonal Communication, Sociodrama