Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Kejujuran Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Kejujuran Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Kejujuran Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Ade Safitri Damayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kejujuran merupakan kuncı utama dalam kehidupan sehari-hari baik itu kejujuran dalam keluarga, kejujuran dalam lingkungan masyarakat, atau kejujuran dalam lingkungan sekolah, salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diberikan disekolah adalah layanan informasi. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Kejujuran Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan Pre-Experimental, dan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling dengan populasi penelitian sebanyak 108 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa skala tentang pemahaman kejujuran siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa uji paired sampel t-test, dengan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Kejujuran Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Tarakan.

Kata Kunci: Pemahaman Kejujuran Siswa, Layanan Informasi

Honesty is a fundamental value in daily life, whether within the family, community, or school environment. One of the key guidance and counseling services provided in schools to foster honesty is information services. This study aimed to determine the effect of information services on the understanding of honesty among Grade VII students at SMP Negeri 6 Tarakan. A quantitative research design was employed, utilizing a pre-experimental approach with a one-group pretest-posttest design. The study used a random sampling technique, selecting 30 students from a population of 108. Data were collected using a standardized scale measuring students' understanding of honesty. Statistical analysis was conducted using a paired sample t-test, which yielded a significance value (2-tailed) of 0.001 < 0.05, leading to the rejection of the null hypothesis (Ho) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). These results indicated a significant effect of information services on improving students' understanding of honesty. Keywords: Students' Understanding of Honesty, Information Services

Detail Informasi