
IMPROVING STUDENTS’ READING SKILL ON RECOUNT TEXT THROUGH JIGSAW TECHNIQUE AT EIGHTH GRADERS OF SMP NEGERI 4 TARAKAN
Pengarang : Miftahul Amraini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada teks recount melalui Teknik Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarakan sebagai subjek penelitian. Subjek dari penelitian ini berjumlah 28 siswa dari kelas VIII-9 di SMP Negeri 4 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa dan memahami teks. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa. Hasil dari tes membaca pada siklus pertama tidak mencapai kriteria kesuksesan karena hasil menunjukkan bahwa hanya 43% (12 dari 28 siswa) yang mencapai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) sedangkan hasil dari tes membaca siswa pada siklus kedua menunjukkan 79% (22 dari 28 siswa) mencapai KKTP. Hasil dari lembar observasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas guru dan siswa antara siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian kriteria kesuksesan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada teks recount di siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Membaca, Teknik Jigsaw
The objective of the research was to improve students' reading skills on narrative text through jigsaw technique. The research was conducted at SMPN 4 Tarakan as a research site. The subjects of the research amounted to 28 students from class VIII-9 at SMPN 4 Tarakan. The research method used was classroom action research (CAR). It used the Kemmis and McTaggart model which was carried out in 2 cycles where each cycle consisted of the stages of planning, action, observation and reflection. The research instruments used were observation sheets and written tests. The results of the research showed an improvement in students' reading skill and text comprehension. This can be seen from the students' test results. The results of the reading test in the first cycle did not meet the criteria of success because the results showed that only 43% (12 out of 28 students) reached the criteria for achieving learning objectives while the results of the students' reading test in the second cycle showed that 79% (22 out of 28 students) reached the criteria for achieving learning objectives. The results of the observation sheet showed a significant increase in teacher and student activities from cycle 1 to cycle 2. Thus, the success criteria were met. Based on the results of the research, it concluded that the jigsaw technique can improve students' reading skills on recount text at eight grade students of SMPN 4 Tarakan. Keywords: Classroom Action Research, Reading Skills, Jigsaw Technique Keywords: Classroom Action Research, Reading Skills, Jigsaw Technique