Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan

Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Makdalena Martinus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel terdiri dari 31 siswa yaitu 16 siswa kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 4 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai U_hitung:340,03). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas IX SMP Frater Don Bosco Tarakan.

Kata Kunci: Project Based Learning (PJBL), Kemampuan Literasi Matematis

The purpose of this study was to ascertain whether the Project Based Learning (PjBL) learning paradigm has an impact on the mathematical literacy skill of SMP Frater Don Bosco Tarakan class IX students. This study employed a quasi-experimental research design. All SMP Frater Don Bosco Tarakan class IX students enrolled in the 2024-2025 academic year made up the study’s population. With a sample size of 31 students, 16 from class IX-1, the experimental class, and 15 from class IX-2, the control class, the sampling strategy employed a saturated sampling technique. Data collection was carried out using pretest and posttest tests, each consisting of 4 questions. The data analysis technique used non-parametric statistics Mann-Whitney U. The results of the study showed that there was an influence of the Project Based Learning (PjBL) learning paradigm has an impact on the mathematical literacy skill of SMP Frater Don Bosco Tarakan, this was shown from the result of the Mann-Whitney U test calculation obtained a value ofU_count:340.03). Therefore, it can be said that the Project Based Learning (PjBL) learning paradigm has an impact on the mathematical literacy skill of SMP Frater Don Bosco Tarakan class IX students. Keyword: Project Based Learning (PjBL), Mathematical Literacy Skill

Detail Informasi