
Studi Pelaksanaan Layanan Informasi Bimbingan Konseling Di Kelas VII Di SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Omi Cendiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan informasi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 7. Layanan informasi adalah suatu kegiatan atau usaha untuk membekali para siswa tentang berbagai macam pengetahuan supaya mereka mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kehidupannya, terdapat enam indikator, dimulai dari Perencanaan, identifikasi kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan, kegiatan pembelajaran serta Presentasi materi tentang layanan informasi, Evaluasi, menggunakan observasi dan mewawancarai serta merencanakan dan merancang dengan menggunakan aplikasi google form, excel. Analisis hasil evaluasi, Tindak lanjut, dengan menggunakan Standart evaluasi, prosedur layanan informasi dengan penilaian segera (Laiseg) serta LKPD. Laporan, dokumentasi terlaksananya pemberian layanan informasi. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu Studi tentang pelaksanaan layanan informasi bimbingan konseling di kelas VII Di SMP Negeri 7 Tarakan, subjek penelitian yaitu informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling, dan satu orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian studi tentang pelaksanaan layanan informasi bimbingan konseling Di kelas VII Di SMP Negeri 7 Tarakan sudah terlaksanakan dengan cukup baik. Hal tersebut dalam pelaksanaan pemberian layanan inofrmasi kepada siswa.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Layanan, Informasi, Bimbingan, Konseling
The purpose of this study was to determine the description of the implementation of guidance and counseling information services at SMP Negeri 7. Information services equip students to make the right decisions in their lives. There are six indicators, starting from planning and identifying the needs of students. Implementation, learning activities, and presentation of material about information services, Evaluation, observation and interviewing, and planning and designing using Google Forms and Excel applications. Analysis of evaluation results, Follow-up using immediate assessment evaluation standards (Laiseg) and LKPD. Report and documentation of the implementation of information services. Research using descriptive qualitative research. Focus on implementing counseling guidance information services in class VII at SMP Negeri 7 Tarakan. The primary informants of the research subjects in this study are one counseling teacher and one student. Data collection techniques through in-depth interview methods and documentation of data analysis techniques used in this study are data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. It has been implemented quite well based on the results of research studies on the implementation of counseling guidance information services in class VII at SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Implementation, Service, Information, Guidance, Counselling