
Pengaruh Net Profit Margin Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Dividen Payout Ratio Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus : Perusahaan Sektor Konsumen Primer Periode 2019 - 2023)
Pengarang : Jihan Amelia Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh net profit margin dan pertumbuhan penjualan terhadap dividen payout ratio dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Penelitian sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 24 perusahaan sehingga mendapatkan 120 observasi dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan model fixed effect menggunakan aplikasi Eviews12. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa net profit margin berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap dividen payout ratio, pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif signifikan terhadap dividen payout ratio, kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi pengaruh net profit margin terhadap dividen payout ratio, dan kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap dividen payout ratio.
Kata kunci : Dividen Payout Ratio, Net Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, Dan Kepemilikan Manajerial
This study aimed to test the effect of net profit margin and sales growth on dividend payout ratio with managerial ownership as a moderating variable in primary consumer sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2019-2023 period. The research sample used the purposive sampling method, and 24 companies were obtained, so 120 observations were made in this research. The data analysis method used is panel data regression analysis with a model fixed effect using the application Eviews 12. Based on the study results showed that net profit margin has a negative but insignificant effect on the dividend payout ratio, sales growth has a significant negative effect on the dividend payout ratio, Managerial ownership is unable to moderate the effect of net profit margin on the dividend payout ratio, and managerial ownership is unable to moderate the effect of sales growth on dividend payout ratio. Keywords: Dividend Payout Ratio, Net Profit Margin, Sales Growth, And Managerial Ownership