Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Hurrasul Aqidah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Hurrasul Aqidah Tarakan

Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Hurrasul Aqidah Tarakan

Pengarang : Nova Puspita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi
terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Hurrasul Aqidah Tarakan. Latar belakang
penelitian ini didasari oleh rendahnya nilai lintas minat biologi kelas XMA Hurrasul
Aqidah Tarakan. Pada mata Pelajaran tersebut masih proses pembelajaran yang
berlangsung bahwa pada hasil belajar siswa mata Pelajaran terdapat beberapa siswa yang
belum mencapai standar ketuntasan minimal (KKM). Jenis penelitian adalah kuantitatif
dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series
Design dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA
Hurrasul Aqidah Tarakan. Pengumpulan data menggunakan instrument RPP, LKS, dan tes
uraian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji
hipotesis. Uji prasyarat penelitian terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan
untuk uji hipotesis menggunakan Paired-Sampel T Test. Hasil Paired- Sampel T Test
menunjukkan video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah
Hurrasul Aqidah Tarakan, dengan nilai sig (2-tailed) sebesar Pretest dan Posttest pertama
hingga keempat yaitu sebesar 0,000. Dimana hasil uji dependent posttest lebih besar
dibandingkan hasil pada pretest sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pun
ikut meningkat.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Video Animasi

This study aimed to determine the effect of using animated videos on the learning achievement of grade X students of MA Hurrasul Aqidah Tarakan. The background of this research is based on the low score of cross-interest biology grade X MA Hurrasul Aqidah Tarakan. In the subject, the students' learning achievement from the learning process showed that some students had not reached the minimum standard of completeness (KKM). The type of research was quantitative with a quasi-experimental method. The research design used was a time series design with a pretest-posttest. The research population was all grade X students of MA Hurrasul Aqidah Tarakan. Data collection utilized the lesson plan instrument, student worksheet, and description test. Data analysis techniques used in this study were prerequisite test and hypothesis test. The research prerequisite test consisted of a normality test and a homogeneity test, while for hypothesis testing, a paired-sample t-test was used. The results of the paired-sample t-test showed that the animated video affected the learning outcomes of Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah Tarakan students, with a sig (2-tailed) value of pretest and the first to fourth posttest of 0.000 The results of the dependent post-test test were higher than the results on the pretest, so it can be concluded that student learning outcomes also increased Keywords Learning Achievement, Animated Video

Detail Informasi