
PENGEMBANGAN MEDIA TUBOKAS (TUTUP BOTOL BEKAS) UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1-B SDN UTAMA 1 TARAKAN
Pengarang : Nikmah Permatasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUBOKAS
(TUTUP BOTOL BEKAS) UNTUK MEMBACA PERMULAAN
SISWA KELAS I SDN UTAMA 1 TARAKAN
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah
menghasilkan media pembelajaran tubokas (tutup botol bekas) yang tervalidasi oleh ahli
media, ahli materi, ahli bahasa dan praktisi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui kelayakan dan daya tarik media pembelajaran Tubokas (tutup botol bekas).
Metodologi penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima fase: analisis
(Analys), desain (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan
evaluasi (Evaluate). Hasil validasi media sebesar 88%, ahli materi 80%, ahli bahasa 84%,
dan praktisi 80%. Pengujian oleh para ahli di bidang media, materi, bahasa dan praktik
menunjukkan bahwa media pembelajaran, tubokas (tutup botol bekas), layak digunakan
dalam proses pembelajaran. Hasil survei ketertarikan siswa pada uji coba terbatas adalah
84,5% dan hasil uji coba lapangan adalah 90,8%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji
coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap media
pembelajaran tubokas
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tubokas
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA USING TUBOKAS (USED BOTTLE CAPS) FOR BEGINNING READING IN FIRST GRADE STUDENTS AT SDN UTAMA 1 TARAKAN Abstract This study is a research and development project. This research aims to produce learning media from Tubokas (used bottle caps) that are validated by media experts, subject matter experts, language experts, and practitioners. Adikitionally this research aims to assess the feasibility and appeal of the Tubokas learning media. The research methodology employs the ADDIE model, which consists of five phases: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation the validation results indicate a score of 88% from media experts, 80% from subject matter experts, 84% from language experts, and 80% from practitioners. Testing by experts in media, content, language, and practice shows that the Tubokas learning media is suitable for use in learning process. The results of student interest surveys during limited trials reached 84,5%, while field trial results showed 90,8%. The surveys conducted during limited and field trials indicate that studens are interested in the Tubokas learning media keywords : Learning Media, Tubokas