
DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU SD DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 031 SIMPANG AMAL
Pengarang : Desy Natalia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Pengelolaan kelas guru merupakan salah satu faktor eksternal penentu hasil belajar siswa oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pengelolaan kelas guru pada pembelajaran matematika dengan berbagai upaya yang telah dilakukan guru dalam mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan doumentasi. Analisis data interaktif menggunakan miles dan huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan permasalahan yang sering muncul dala pembelajaran matematika adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika salah satu penyebab utamanya adalah kuirangnya interaksi dalam lingkungan kelas dan pengelolaan kelas guru. Namun guru telah mengupayakan pengelolaan kelas yang baik bagi siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Guru juga telah berhasil memberikan motivasi pada siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menstimulus siswa untuk berpikir dan guru juga telah memberikan penguatan positif terhadap keaktifan siswa. Seperti dalam menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas seperti keterampilan guru dalam penyampaian materi dan menciptakan suasana belajar yang efektif Sedangkan pada tahap merancang lingkungan fisik kelas, guru melakukan pengaturan tempat duduk siswa dengan membagi siswa menajdi bebrapa kelompok dan melakukan pengaturan media pembelajaran yaitu guru menyediakan power point bagi siswa yang tidak memiliki buku. Guru sudah mampu menciptakan iklim yang positif untuk pembelajaran dengan menerapkan strategi akan tetapi melihat kondisi siswa terlebih dahulu apakah efektif diterapkan atau tidak. Guru juga dapat menjadi komunikator yang baik bagi siswa dengan memiliki karakter guru itu sendiri contohnya menggunkan suara yang nyaring saat melakukan proses pembelajaran bersama siswa.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, Guru, Pembelajaran matematika
In classroom management, the teacher plays a crucial role as an external factorinfluencing student learning outcomes. This study aims to describe the significance ofclassroom management in mathematics instruction and the various efforts that theteacher have made to manage their classrooms effectively. A qualitative approachwas employed, with teachers as the research subjects. Data were collected throughobservations, interviews, and documentation. The interactive data analysis method byMiles and Huberman was used to analyze the findings. The study revealed that acommon issue in mathematics instruction is students' lack ofinterest, primarily due tolimited classroom interaction and ineffective classroom management.The teacher hadtried to create a well-managed learning environment to ensure effective instructionThey had successfully motivated students to engage actively in learning by posingstimulating questions and providing positive reinforcement. Teachers also applied keyclassroom management principles, such as mastering instructional delivery andfostering a conducive learning atmosphere. In designing the physical classroomenvironment, the teacher arranged student seating into small groups and organizedinstructional media, such as PowerPoint presentations for students without textbooks.They have successfully created a positive learning climate by implementing strategiestailored to students' needs. Additionally, the teacher demonstrated effectivecommunication skills by setting an example, such as using a clear and audible voiceduring lessons. Keywords: Classroom Management, Teachers,Mathematics Instruction