FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 11 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 11 TARAKAN

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 11 TARAKAN

Pengarang : Salman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya penggerak dalam diri yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas belajar, menjamin kelangsungan proses belajar, serta memberikan arah terhadap tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mengidentifikasi berbagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Tarakan. Metodologi yang di gunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terdapat dua faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, Faktor tersebut terdiri dari faktor internal di dapatkan nilai presentase sebesar 74% masuk dalam kategori Baik. pada faktor eksternal didapatkan nilai prsentase 71% masuk dalam kategori Baik. Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa motivasi yang ada pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan baik itu motivasi yang berasal dari luar maupun dari dalam diri siswa sudah dapat di katakan Baik.

Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Motivasi Belajar Siswa.

Learning motivation is a fundamental internal drive that encourages students to engage in learning activities, sustain their learning process, and direct their efforts toward achieving educational goals. This study aimed to analyze and identify the factors affecting the learning motivation of seventh-grade students at SMP Negeri 11 Tarakan. A quantitative descriptive method was employed to examine these factors. The findings revealed two main categories of factors affecting students’ motivation: internal and external. The internal factors were found to contribute significantly, with a percentage score of 74%, classified as ″Good.‶ Similarly, external factors had a percentage score of 71%, also categorized as ″Good.‶ Based on these results, it can be concluded that both internal and external motivational factors play a crucial role in shaping the learning motivation of seventh-grade students at SMP Negeri 11 Tarakan, with motivation levels generally classified as Good. Keywords: Internal Factors, External Factors, Students’ Learning Motivation.

Detail Informasi