ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SEKOLAH DASAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SEKOLAH DASAR

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SEKOLAH DASAR

Pengarang : Nardy Chandra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Matematika merupakan Pelajaran yang sulit dipahami, kurang menarik dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu, Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang dikemudian dikonfirmasi melalui wawancara. Peneliti mengambil 6 subjek sebagai perwakilan dari setiap kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah, untuk diwawancarai setelah mereka melakukan tes. Adapun hasil penelitian (1) Indikator pertama dapat dikerjakan oleh subjek tinggi dan sedang, hanya saja salah satu subjek sedang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Sementara itu, subjek rendah mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. (2) Indikator kedua dapat dikerjakan oleh subjek tinggi dan sedang, hanya saja salah satu sedang mengalami kesulitan. Sementara itu, subjek rendah juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. (3) Indikator ketiga, terlihat bahwa subjek tinggi, sedang dan rendah mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah mengalami kesulitan pada bangun ruang.
Kata Kunci: Matematika, Kesulitan Matematika, Kelas VI Sekolah dasar

Mathematics is a subject that is often difficult to understand, perceived as uninteresting, and can be boring for students. This study aims to analyze the learning difficulties faced by sixth-grade elementary school students in mathematics. The research employs a qualitative descriptive approach. Data collection was conducted using tests, which were then confirmed through interviews. The researcher selected six subjects as representatives from each category, high, medium, and low proficiency, for interviews following the tests. The results indicate that (1) the first indicator was manageable by high and medium proficiency subjects; however, one medium proficiency subject faced difficulties, while low proficiency subjects struggled with the questions. (2) The second indicator was also manageable by high and medium-proficiency subjects, with one medium-proficiency subject experiencing difficulties, similarly, low-proficiency subjects encountered challenges. (3) For the third indicator, all subjects, high, medium, and low, faced difficulties in solving the questions. This study reveals that students of varying proficiency levels, high, medium, and low, experience challenges when learning about solid shapes. Keywords: Mathematics, Learning Difficulties, Sixth Grade Elementary School

Detail Informasi