
Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Erika Zulkarnain - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Motivasi belajar merupakan keinginan seseorang untuk mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap atau perilaku seseorang untuk belajar. Motivasi belajar yang rendah termasuk bentuk perilaku negatif yang timbul karena adanya beberapa faktor seperti metode pembelajaran yang monoton, kurangnya kemampuan konsentrasi, dan lingkungan yang kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan pre-experiment dan desain one-group pretest-posttest design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random, dengan populasi sebanyak 60 peserta didik dan sampel berjumlah 30 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa skala likert tentang motivasi belajar. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Tarakan.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Informasi
Learning motivation is a desire to activate, move, channel, and direct one's attitude or behavior to understand. Low learning motivation is a form of antagonistic behavior arising from several factors, such as monotonous learning methods, lack of concentration, and a less conducive environment. This study aims to determine the effect of information services on student learning motivation at SMP Negeri 12 Tarakan. This type of research is quantitative, with a pre-experiment approach and a one-group pretest-posttest design. The type of sampling in this study used random techniques, with a population of 60 students and a sample of 30 students in class VIII. The data collection technique in this study used a Likert scale about learning motivation data analysis with descriptive and inferential statistics using paired sample t-tests. Based on the results of this study, the calculation of the paired sample t-test test with a sig value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, Ho is rejected, and Ha is accepted, which means that there is an effect of information services on student learning motivation at SMP Negeri 12 Tarakan. Keywords: Learning Motivation, Information Services