PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGUNJUNG PELABUHAN FERRY JUATA LAUT KOTA TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGUNJUNG PELABUHAN FERRY JUATA LAUT  KOTA TARAKAN

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGUNJUNG PELABUHAN FERRY JUATA LAUT KOTA TARAKAN

Pengarang : Sapardiansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pelabuhan ferry juata laut Kota Tarakan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 110 responden, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Responden merupakan pengguna jasa pelabuhan yang telah berkunjung lebih dari dua kali dalam dua tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y), diketahui dari hasil uji parsial t menunjukkan nilai Sig = 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan thitung = 4,803 besar dari ttabel = 1,982, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan Konsumen). Variabel kepercayaan konsumen (X2) berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y), diketahui hasil dari uji parsial t menunjukkan nilai Sig = 0,005 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti variabel X2 juga berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan Konsumen).

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepercayaan konsumen, kepuasan konsumen, Pelabuhan Ferry Juata Laut.

This study aimed to analyze the influence of service quality and consumer trust on consumer satisfaction of port ferry Jhasta Lout Tarakan City. This study uses a quantitative approach with a survey method. Data was collected using a non-probability sampling method with a purposive sampling technique Data was collected through questionnaires by 110 respondents, who were selected using purposive sampling techniques. Respondents are port service users who have visited more than twice in the last two years. The study results showed that the service quality variable (X1) significantly affects the Consumer Satisfaction variable (Y) It is known from the results of the partial t-test that the value of Sig 0.000 is smaller than 0.05, and the t-count-4.803 is greater than the t-table-1982, so HO is rejected, and HI is accepted It showed that variable X1 significantly affects the dependent variable (Consumer Satisfaction) The consumer trust variable (X2) significantly affects the consumer satisfaction variable (Y). It is known that the results of the partial t-test showed that the value of Sig- 0.005 is smaller than 0.05, and the t-count-2.846 is greater than the 1-table 1.982, so HO is rejected, and HI is accepted. It means that variable X2 also significantly affects the dependent variable (Consumer Satisfaction) Keywords: Service Quality, Consumer Trust, Port ferry Juasa Laut.

Detail Informasi