MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDIT AL-HUDA SEBATIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDIT AL-HUDA SEBATIK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDIT AL-HUDA SEBATIK

Pengarang : Selvi Rezkiyana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDIT AL-HUDA Sebatik yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK John Elliot melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas IV SDIT AL-HUDA Sebatik. Peningkatan kemampuana menulis teks narasi siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan mengemukakan pendapat untuk bekal menulis teks narasi siswa. Siswa dapat membuat teks narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani membacakan hasil teks narasi di depan kelas. Sehingga tercipta pembelajaran yang aktif. Peningkatan pada siklus I, siswa yang mencapai kriteria sangat berkembang sebesar 28%, mulai berkembang 48% dan belum berkembang sebesar 24%, sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai kriteria sangat berkembang sebesar 80%, mulai berkembang 20% dan tidak ada siswa yang masuk dalam kriteria belum berkembang.
Kata kunci: Menulis, Teks narasi, Gambar berseri

This study aims to improve students’ ability to write narrative text. The type of research used is classroom action research with the research subject of class IV SDIT AL-HUDA Sebatik with 25 students. This research was conduction in two cycles using john elliot’s classroom action research model through 4 stages: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used in this study were observation, interview, test, and documentation. The research showed that serialized picture media could improve the ability to write narrative text of grade IV SDIT AL-HUDA Sebatik students. The improvement of students’ narrative text writing ability can be seen from the improvement of the learning process, which is shown by students becoming more active in finding information and expressing opinions regarding the provision of students narrative text. Students can create narrative texts well. Students also become more courageous when reading the results of the narrative text in front of the class. The increase in cycle I, students who reached the criteria were highly developed by 28%, began to develop by 48%, and undeveloped by 24%, while in cycle II, students who reached the criteria were highly developed by 80%, and began to develop by 20%. Based on the data, serialized picture media can improve students’ writing ability. Keywords: Writing, Narrative Text, Serial Image

Detail Informasi