Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Operasi Pecahan Berdasarkan Prosedur Polya Pasa Siswa Kelas V-A Di SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Operasi Pecahan Berdasarkan Prosedur Polya Pasa Siswa Kelas V-A Di SDN 032 Tarakan

Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Operasi Pecahan Berdasarkan Prosedur Polya Pasa Siswa Kelas V-A Di SDN 032 Tarakan

Pengarang : Nina Irawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan penyelesaian soal cerita matematika dengan materi operasi pecahan berdasarkan penggunaan prosedur polya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes terkait materi operasi pecahan dengan menggunakan prosedur polya yang dikonfirmasi melalui proses wawancara. Sebanyak 22 siswa kelas V-A menjadi partisipasi dalam penelitian dan mengerjakan tes terkait operasi pecahan yang kemudian peneliti mengelompokkan 22 siswa kelas V-A ke dalam tiga kategori kemampuan yaitu, kategori tinggi, sedang dan rendah. Kemudian peneliti memilih maksimal 6 siswa yang dipilih secara acak menjadi 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang dan 2 siswa kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan kategori tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur polya, Namun subjek kategori tinggi kurang berhati-hati dalam menyelesaikan satu soal cerita; (2) subjek dengan kategori sedang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada tahapan melaksanakan rencana dan melihat kembali berdasarkan prosedur polya, karena belum mampu menyelesaikan soal operasi pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda; (3) subjek dengan kategori rendah melakukan kesalahan pada semua tahapan prosedur polya, karena masih kesulitan memahami masalah yang diberikan.


Kata Kunci :Kesalahan siswa, Prosedur polya, Operasi pecahan

The study aimed to answer questions related to mistakes made by student in solving mathematical story problems with fractional operation material based on the use of polya procedures. This study used a type of descriptive qualitative research. data collection was carried out through tests related to fractional operation materials using polya procedures which were confirmed through an interview process. A total of 22 students of class V-A participated in the research and did test related to fractional operations, which then the researcher grouped 22 students of class V-A into three categories of abilities, namely, high, medium and low categories. Then results showed that (1) Subjects with high categories did not make mistakes in solving story problems based on polya procedures, but subjects with high categories were less careful in solving one story problem; (2) Subjects with a category of making mistakes in solving story problems at the stage of implementing the plan and looking back based on the polya procedures, because they have not been able to solve fractional operations that have different denominators; (3) Subject with low categories made mistakes in all stages of polya procedure , because they still had difficulty in understanding the given problem. Keywords: Student Error, Polya, Fraction Operation.

Detail Informasi