
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas I SD Negeri 013 Tarakan
Pengarang : Windy Widyawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang siswa akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh jika memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas I SD Negeri 013 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada 13 Mei 2024 sampai 13 Juni 2024 Semester genap tahaun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 013 Tarakan berjumlah 83 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan softwere SPSS versi 27 trial for windows. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas I SD Negeri 013 Tarakan dengan persamaan regresi Y=40,781+0,490X dimana signifikasi hubungan ditunjukan oleh thitung 12,484 > ttabel 2,032. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas I SD Negeri 013 Tarakan. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,906 menunjukan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar berada pada skala hubungan sangat kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 82,1% sedangkan sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Learning motivation is a crucial factor in determining the effectiveness of the edicational process. A student is likely to engage in learning mors effectively whes driven by strong learning motivation. This research aimed to determine the effect of learning motivation on the learning outcomes of Pancasila education among fina grade students at SD Negeri 013 Tarakan. The research employed a quantitative research method conducted from May 13, 2024, to June 13, 2024, during the even semester of the 2023/2024 academic year. The population comprised all first-grade students at SD Negeri 013 Tarakan, totaling 83 students, with a sample size of 36 students selected using purposive sampling. Data were collected through observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data were processed using SPSS software version 27 trial for Windows. The findings indicated a significant effect of learning motivation on the Pancasila education learning outcomes, as evidenced by the regression equation Y = 40.781 +0.490X. The significance of this relationship was confirmed by a t-test result of 12.484, which was greater than the t-table value of 2.032. These results demonstrated an influence of learning motivation on the learning outcomes of Pancasila education for first-grade students at SD Negeri 013 Tarakan. The correlation coefficient test yielded a value of 0.906, indicating a very strong relationship between learning motivation and learning outcomes. Furthermore, the coefficient of determination test revealed that 82.1% of the variance in learning outcomes was attributed to learning motivation, while the remaining 17.9% was influenced by other variables. Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes