
Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Novita Lian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku matematika berbasis etnomatematika yang layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap utama: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku ini memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 86,6%, ahli media dan desain sebesar 85,5%, serta guru matematika sebesar 92%. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa buku saku ini berada pada kategori sangat praktis dan menarik, dengan persentase kepraktisan mencapai 91%. Dengan demikian, buku saku matematika berbasis etnomatematika ini dinyatakan layak dan praktis sebagai bahan ajar. Dengan demikian pengembangan buku saku matematika berbasis etnomatematika yang layak dan praktis untuk pembelajaran materi lingkaran di VIII telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan tujuan penelitian.
Kata Kunci: Etnomatematika, Media Buku Saku Matematika, Lingkaran
This study aims to develop a learning media in the form of a pocket mathematics book based on ethnomathematics that is suitable and practical for use in the eighth-grade mathematics classes at SMP Negeri 7 Tarakan. The research employs a Research and Development (R&D) method utilizing the ADDIE development model, which consists of five main stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results indicate that the pocketbook meets the eligibility criteria based on evaluations from subject matter experts, achieving a percentage of 86.6%, media and design experts at 85.5%, and mathematics teachers at 92%. Field trials show that the pocketbook is categorized as very practical and engaging, with a practicality percentage of 91% Therefore, this ethnomathematics-based pocket mathematics book is deemed suitable and practical as a teaching resource. The development of the ethnomathematics-based pocket mathematics book for teaching the topic of circles in eighth grade has been successfully executed in accordance with the research objectives. Keywords. Ethnomathematics, Pocket Mathematics Book Media, Circles