
A Comparative Study On Student's Reading Skills Between K-13 And Merdeka Curriculum On Eleventh Class Students Of SMA Negeri 1 Nunukan And SMA Negeri 2 Nunukan
Pengarang : Roy Reinaldi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan skor keterampilan membaca siswa antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas X1 SMAN 1 Nunukan dan SMAN 2 Nunukan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian
ini menggunakan metode causal-comparative untuk SMAN 1 dan SMAN 2 Nunukan, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan TOEIC sebagai instrumen tes membaca. Peneliti menggunakan program SPSS versi 24.0 untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan nilai impact size sebesar 0,428 yang berarti besar impact size, terdapat perbedaan yang signifikan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum Merdeka. Faktor-faktor yang mempengaruhi kurikulum 2013 lebih dominan dibandingkan dengan kurikulum Merdeka, guru pada kurikulum 2013 dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan berpusat pada siswa serta siswa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris, sedangkan guru pada kurikulum Merdeka kurang profesional dalam mengajar. pembelajaran, sehingga siswa dalam belajar bahasa Inggris tidak menguasai ejaan kata. Berdasarkan hal di atas, terdapat perbedaan yang dominan dan SMAN 2 Nunukan lebih baik.
Kata kunci: Membaca, Keterampikan Membaca, Kurikulum Merdeka, dan Kurkulum 2013
The Study aimed to find differences in students' reading skill scores between the 2013 Curriculum and the Merdeka Curriculum for Grade X1 students at SMAN 1 Nunukan and SMAN 2 Nunukan in the academic year 2023/2024. This study used the causal-comparative method for SMAN 1 and SMAN 2 Nunukan, using the purposive sampling technique. This study used TOEIC as a reading test instrument. The researchers used SPSS program version 24.0 to analyze the data. The study result showed that the impact size value is 0,428 which means a big impact size, there are significant differences between the 2013 curriculum and the Merdeka curriculum. The factors that influence the 2013 curriculum are more dominant compared to the Merdeka curriculum, the teachers in the 2013 curriculum can create a comfortable and student-centered learning environment and students utilize technology in learning English, while teachers of the Merdeka curriculum are less proficient in learning, so that students in learning English do not master the spelling of words. Based on the above, there are dominant differences and SMAN 2 Nunukan is better. Keywords: Reading, Reading Skills, Merdeka Curriculum, and 2013 Curriculum