
Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Apple Di Kota Tarakan
Pengarang : Novi Harianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ekuitas Merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek) terhadap Keputusan Pembelian smartphone merek Apple di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 420 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software SPSS 16. Dari hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
The objective of this research is to examine effects of brand equity (brand awareness, perceived quality, brand association, and brand loyalty)against the decision of the purchse of smartphone brand apple in the city of tarakan. The research used quantitative method. Sampling method that used is purposive sampling and obtaining sample of 420 samples. Types of data used are primary data obtained from questionnaires. The method of analysis used is Multiple Regression with using SPSS 16 software. The results of this research with t test (parcial) show thatbrand awareness have positive and insignificant effect to purchase decision of apple brand smarphone. Perceived quality, brand association, bran loyalty have positive and signicant effect to purchase decision of apple brand smarphone.