
Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Yunus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus – 18 Agustus 2016 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi dan penilaian diri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa pada siklus I adalah 74% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 84% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model index card match dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Index Card Match
The purpose of this research is to increase the students interest in learning by index card match model students on class VIII-2 in SMP Negeri 10 Tarakan. The design of this research is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted on August, 09th until 18rd 2016 in SMP Negeri 10 Tarakan. The subject of the research is the students of eighth VIII-2 in SMP Negeri 10 Tarakan, there are 17 male students and 14 fermale students. The technique of collecting the data use observation sheet and self-assessment. This Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles and each cycles has two meetings. The result of this research showed that the percentage of success indikator for the students interest in learning on the first cycles was 74 percent and second cycles was 84 percent. This the research will concluded that index card match model can increase the students interest in learning by index card match model students on class VIII-2 in SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Learning Interest, Cooperatif Learning Index Card Match Model