Kinerja Siswa Kelas X SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kinerja Siswa Kelas X SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri

Kinerja Siswa Kelas X SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri

Pengarang : Yulius Saverius Payong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja siswa kelas X SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi trigonometri. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini 110 siswa yang terdiri dari kelas X-A, X-B, X-C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kinerja siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kategori kinerja siswa cukup baik dengan rata-rata 52%. Dengan rata-rata setiap indikator sebagai berikut: 1) indikator pendekatan pemecahan masalah sebesar 51%; 2) indikator ketepatan hitung sebesar 55%; 3) indikator penyajian gambar sebesar 49%.

Kata Kunci: Kinerja Siswa, Soal Non Rutin, Pemecahan Masalah

This research was purposed to know the students’ performance of tenth grade students at SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan in finishing a problem solving question in trigonometry material. The research was conducted on second semester in academic year 2015/2016 at SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan. This research used descriptive quantitative research. The populations in this research were all students of tenth grade at SMA Katholik Frater Don Bosco Tarakan. The sample was took by using cluster random sampling. The sample in this study consists of 110 students from class X-A, X-B, X-C. The data collection was conducted by using students’ performance test. The data analysis technique by using qualitative and quantitative descriptive analysis. The result showed the category of students’ perfomance was satisfied with the mean 52%. Which are mean for the indicators as follow: 1) indicator of problem solving approach is 51%; 2) indicator of count accuracy is 55%; 3) indicator of picture presentation is 49%. Keywords: Students’ Perfomance, Nonroutine Question, Problem Solving

Detail Informasi